Artikel

CARGO UDARA, PENGIRIMAN CEPAT, AMAN DAN PRAKTIS

YUK CARI TAU PENGIRIMAN BARANG CEPAT VIA UDARA

Kenapa beberapa orang sering kali memilih pengiriman melalui cargo udara?

Alasannya karena pengiriman yang lebih cepat tentunya.

Biasanya customer yang memilih layanan ini adalah mereka yang ingin mengirimkan makanan basah yang penangananya harus cepat karena barang yang mudah rusak atau obat-abatan yang sangat mendesak harus cepat sampai tujuan.

Apalagi selama masa pandemi COVID-19 ini, kita harus sama-sama menjaga kesehatan dengan cara membatasi aktivitas. Tidak bisa berpergian ke luar rumah apalagi untuk mudik dan bertemu orang tersayang serta makan masakan khas kampung halaman. Sehingga banyak sekali orang yang merindukan makanan khas kampung halaman mereka dan meminta dikirimkan oleh-oleh. Belum lagi para pengusaha kuliner yang membutuhkan pengiriman cepat agar barang dagangan mereka tidak rusak dan tetap bagus sampai ke tangan pembeli dari luar kota. Hal ini menjadi salah satu alasan kebanyakan customer memilh mengirimkan paket via udara karena pengiriman yang cepat dan praktis.

 

Nah buat Anda yang ingin mengirimkan barang via cargo udara, berikut informasinya:

Pengiriman melalui Udara ( Express )

Jalur udara juga sering dipakai oleh mereka yang sedang terdesak untuk mengirimkan barang. Melalui udara, barang dapat diantar lebih cepat, praktis dan aman. Pengiriman barang bisa dikatakan sebagai ekspedisi barang murah melalui udara yaitu apabila nilai suatu barang lebih bermanfaat apabila terkirim dengan lebih cepat.  Sarana Pengangkutan barang dengan menggunakan pesawat terbang yaitu Garuda. Lion, Citilink, Batik Air, Wing Air, Air Asia. 

Kargo melalui udara adalah barang yang dikirim tanpa disertai oleh penumpang. Pengiriman bisa melalui maskapai penerbangan ataupun agen kargo (freight forwarder).

Dokumen yang diperlukan dalam pengiriman barang/kargo ini ada dua :

-          SMU (Surat Muatan Udara) khusus untuk penerbangan domestik

-          AWB (Air Way Bill) khusus untuk penerbangan internasional.

Proses pengiriman cargo dapat langsung menghubungi perusahaan penerbangan sebagai pengangkut melalui agen cargo untuk mengurus pengiriman barang. Setelah persyaratan dipenuhi pengirim akan mendapatkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan tujuan pengiriman barang, setelah itu dilakukan reservasi kargo melalui “booking procedure”. Sebelum itu barang dicheck oleh pihak pabean, apakah barang layak untuk dikirim, dalam arti tidak menyalahi peaturan kepabeanan. Setelah reservasi kargo, barang tersebut akan disimpan di dalam gudang untuk menunggu pengiriman sesuai dengan reservasi kargo.

 Ada beberapa syarat prosedur yang harus dilakukan dalam pengiriman barang, yaitu :

a.       Mengirim barang

Apabila kita akan mengirim barang melalui kargo, maka beberapa hal harus diperhatikan:

-          Mendatangi kantor bagian cargo dengan membawa barangnya tentu saja. Setelah itu barang akan ditimbang dan diperiksa packing-annya. Setelah semauanya tidak ada masalah lalu

-          Dibuatkan air waybill.

-          Air waybill dan barang dibawa ke pabean untuk diperiksa dan disetujui. Bila sudah beres, barang siap kirim.

-          Barang disimpan di gudang ekspor sampai tiba waktunya untuk dinaikkan ke dalam pesawat.

b.       Mengeluarkan barang

Proses pengeluaran barang yang diterima adalah:

-          Setelah diturunkan dari pesawat terbang, barang akan disimpan terlebih dahulu di dalam gudang impor (kecuali untuk barang-barang yang dikeluarkan hari itu juga, misalnya Koran, film berita untuk tv, barang yang lekas rusak/busuk seperti daging, sayuran, buah, dsb).

-          Penerima barang akan mendapat surat pemberitahuan tentang adanya barang kiriman (Notice of arrival).

-          Dengan surat tersebut, penerima barang akan mendatangi kantor bagian kargo atau agen yang mengirimi surat tersebut untuk mengambil air waybill-nya, setelah itu datangi pabean untuk mendapatkan persetujuan pengeluaran barang dari gudang impor.

-          Barang di gudang impor hanya bisa dikeluarkan setelah diperiksa oleh pihak pabean dan pembayaran pajak atas barang kiriman tersebut telah diselesaikan.

Jenis pesawat yang menggunakan bagassi pallet :

-          Air bus

-          Boeing

-          Jumbo Jet

 

Pengiriman dan pengangkutan cargo dengan pesawat udara didasarkan pada :

1.            Kemampuan daya angkut pesawat (pay load)

2.            Rauang cargo di dalam pesawat

3.            Ukuran pintu pesawat

4.            Maksimum floor load.

 

Di dalam penerimaan cargo melalui udara sangat diutamakan kemanan penerbangan (safety flight) karena hal tersebut maka penerimaan cargo harus memperhatikan:

1.            Isi di dalam cargo yang akan dikirim (content)

2.            Berat cargo (weight)

3.            Ukuran (dimension)

4.            Pembungkus (packing)

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Tim Marketing Kami

DSICARGO Medan

Jln. Tritura N0. 202 E

0823 8713 9798

 

DSICARGO Medan 02

Jln. Brigjend Katamso No. 43 S

0821 1232 3388

 

DSICARGO Marelan 05

jln.veteran pasar 6 (dekat pintu Tol Marelan)

0853.6255.5578